iseng

Kuliah ? Apaan sih ?

Maaf post ini repost, cuma mau share..
Semoga bisa mengambil manfaat nya dari post ini. :)
  1. banyak banget yang nanya apa bedanya kuliah sama sekolah.#ApaItuKuliah
  2. Kalo sekolah enak dek, pelajarannya ditentuin sama kurikulum yang seragam, kita tinggal ngikutin aja. #ApaItuKuliah
  3. Pasti mikirnya ‘enak kayaknya kuliah, ngga perlu belajar yang ngga nyambung sama minat kita, pelajarannya satu tema doang’#ApaItuKuliah
  4. justru kadang gue pengen ngambil mata kuliah yang ngga ada hubungannya sama jurusan. buat refreshing gitu #ApaItuKuliah
  5. Untuk bbrrp fakultas/jurusan ada yang namanya pre-requisite#ApaItuKuliah
  6. Pre-Requisite itu mata kuliah yang harus diambil dan LULUS sebagai syarat untuk mengambil mata kuliah lainnya #ApaItuKuliah
  7. meskipun ada sih beberapa fakultas/jurusan yang nerapin sistem paket, atau blok. ada kurikulum seragamnya. #ApaItuKuliah Continue reading
Standard
iseng, kerja praktek

Datang ke Ibukota – Siapa Suruh Datang Jakarta?

Ingat lagu lama ini ?

Siapa suruh datang Jakarta
Siapa suruh datang Jakarta
sendiri susah sendiri rasa
edoe…. sayang….

(Siapa Suruh Datang Jakarta : Koes Plus)

ini nih.. Lagu lama yang memang cucok buat orang-orang daerah yang datang ke jakarta. *termasuk saya*. Saya lumayan sering ke Jakarta tapi gak lama cuma 1-2 minggu saja ketika liburan karena Ibu bapak saya kerja di Jakarta ini tapi mereka berdua juga nggak betah di Jakarta, tiap 2 minggu sekali selalu pulang ke Surabaya. Nah kali ini saya berada di Jakarta cukup lama yaitu sekitar 2 bulan ke depan karena saya sedang menjalani ‘belajar bekerja’ alias ‘kerja praktek’ alias ‘magang’. Di Jakarta rame banget, banyak orang banyak penduduknya.. biaya tempat tinggal serba mahal, buat makan aja juga muashook mahal nya (dibandingin sama surabaya jelas lebih murah surabaya).

Siapa suruh datang Jakarta?

Ampun bener deh sama sumpek nya Jakarta, beeeeh macet bener dimana-mana macet ditambah lagi transportasi di Jakarta yang masih ga karuan. Walaupun memang sudah ada transportasi bus transjakarta sekarang ini, namun masih belum bisa mengatasi masalah kemacetan jakarta. Apa ini mungkin karena penduduk di jakarta yang makin bertambah ya..

Siapa suruh datang Jakarta?

Dengan banyaknya penduduk, biaya hidup yang tinggi, juga lapangan pekerjaan yang makin sedikit tersebut membuat tingkat kriminalitas di Jakarta menjadi besar. Ini terjadi sama saya, hampir saja saya kecolongan. Hal ini terjadi di dalam Bus Transjakarta yang mana memang disitu lagi rame-ramenya , ketika itu tas saya dibuka sama orang di samping saya dan saya ga sadar. Baru sadar ketika bus nya berhenti dan saya melihat tas saya terbuka dengan dompet diujung resleting tas dan orang di samping saya membungkus tangannya dengan jaket. Bapak petugas trans jakarta pun mengingatkan saya agar di cek barang saya. Begitu saya tahu dan sadar, orang yang hampir berhasil ambil dompet saya itu langsung turun di halte tersebut. Kejamnya Ibukota..

Siapa suruh datang Jakarta?

Buat yang anak daerah lain yang baru datang ke Jakarta,

1. tentukan tujuan (mau ngapain ke Jakarta, berapa lama, tinggal dimana, dst) juga persiapkan fisik, mental, dan MONEY alias DUIT!! Kalo enggak yaelaaah, nggak usah ke Jakarta deh yaa.. :p

2. Hati-hati sama barang bawaan masing-masing.

3. Jangan pake perhiasan, pakaian atau aksesoris berlebihan yang “mengundang”.

3. Kalau bawa tas, tas nya jangan diselempang ke belakang atau ke samping. pokoknya kalo bisa terlihat dari pandangan mata kamu.

4. Kalau ga ada yang antar atau ga ada kendaraan pribadi, naik bus transjakarta bisa jadi alternatif pilihan sih tapi jangan sampe nyasar ya.. cari rute bus yang sesuai dan berada di koridor mana yang sesuai dengan arah tujuan.

5. sedia kompas, eh maksud saya peta. atau lebih canggihan dikit, sambung internet buka deh tuh google maps biar pada ga nyasar ya..

Sudahlah cukup itu saja dulu..

mencuplik kata2 dari mas FertobHades

Jakarta memang buat mereka yang ingin “bergelut” dengannya. Dan siapapun yang “bergelut” dengan Jakarta membutuhkan kekuatan ekstra untuk menghadapinya. Jakarta masih tetap jadi magnet walaupun menyiksa orang yang ditarik oleh kekuatan magnetnya.

Siapa suruh datang Jakarta?

Standard
kerja praktek

Sharing KP (PCI DSS)

Halo.. hola..

guweh mOu sh4rinG neCh… stop alay!

yap, disini saya sekedar sharing alias curhat KP (kerja praktek) yang saya jalani kurang lebih selama 2 bulan ke depan. Disini partner KP saya adalah jeanny mareta daud alias jeni atau jeje atau yeni. :D

oke, sekarang saya lagi di magang di perusahaan IT solution and provider yang biasanya bikin aplikasi buat perbankan.

duh mumet juga nih.. karena saya juga harus memahami sistem perbankan..

Karena istilah-istilah perbankan ini baru kami dengar, namun sebenarnya cukup menarik sekali untuk mempelajari hal-hal baru.

Disini kami diminta untuk mempelajari terlebih dahulu sistem perbankan juga perbankan syariah. Karena project yang diberikan ke kami ini adalah syariah jadi disini kami banyak mempelajari tentang syariah. Nah kami diminta membuatkan evaluasi terhadap apex system (enterprise micro perbankan) dengan menggunakan standar PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard).

Pada bingung? Saya juga. hehe.. Ini saya masih belajar juga masalah tersebut. Intinya disini, standar PCI DSS itu standard keamanan informasi global untuk membangun suatu proses dan system pembayaran termasuk di dalamnya kebutuhan untuk manajemen keamanan, kebijakan, prosedur, arsitektur jaringan, desain perangkat lunak, dan juga langkah-langkah penting mengenai perlindungan. *Ini implementasi dari mata kuliah Proteksi Aset Informasi juga Tata Kelola Audit IT* :D

Kemarin pembimbing saya juga bilang kalau bisa nanti buatkan dashboard BI pakai oracle *kalau cukup waktu, namun ini bisa jadi bahan TA juga sih nantinya*

yah pokoknya doakan kami deh..

semangat!!!

Standard
ga jelas, iseng

wooops, sudah semester akhir kuliah :o

whoooosaaaah..

it’s been a year since my last post. haha.

I was too busy with my college stuff. :p

setaun kemarin lagi sibuk tugas, kuliah, dan himpunan. hihihi.

ga terasa sudah semester depan tahun terakhir aku kuliah di SI ITS ini, aku pun juga masih belum menentukan judul bahkan topik tugas akhir (TA).

semoga saja mendapatkan pencerahan.. hehe.

Anyway.. liburan semester ini aku akan kerja praktek (magang) selama hampir 2 bulan.. semoga saja bisa mendapat dan menambah ilmu lagi terlebih kalo bisa dapet bahan untuk TA juga :)

Semangat!

Standard